Senin, 29 September 2014

Pencemaran Lingkungan ( Air, Tanah, Udara )



Pencemaran lingkungan adalah masuknya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus, gas beracun).

Akibat pencemaran lingkungan adalah sebagai berikut:
a.   Air yang tercemar dapat mengakibatkan tersebarnya bibit penyakit, misalnya penyakit kulit dan diare.
b. Udara yang tercemar dapat mengakibatkan penyakit pernapasan dan pandangan terganggu oleh asap atau debu.
c.  Tanah yang tercemar menjadi tidak subur sehingga tanaman tidak gersang.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan lingkungan yakni sebagai berikut:
a.       Menciptakan lingkungan sehat, yaitu rumah yang cukup memiliki lubang angina tau ventilasi udara. Adanya lubang angin menyebabkan pergantuan antara udara yang bersih dengan yang kotor. Udara yang bersih baik untuk pernapasan sehingga kesehatan kita dapat terjaga,
b.      Menanam pohon-pohon pelindung ditepi jalan raya. Selain itu menambah keindahan, daun-daun pada pohon tersebut dapat menyerap gas karbon yang ditimbulkan oleh mesin kendaraan dijalan raya,
c.       Mengelola limbah sebelum dibuang ke lingkungan,
d.      Membuang sampah ke tempat sampah

A.      Pencemaran Udara
Pencemaran udara disebabkan oleh asap buangan, misalnya gas CO2 hasil pembakaran, SO, SO2, CFC, CO, dan asap rokok. Pencemaran udara dapat menyebabkan lingkungan tidak sehat. Misalnya, asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok. Bau dari tumpukan sampah dan debu. Juga dapat mencemari udara. Kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar, misalnya bensin dan solar. Dari pembakaran bahan bakar inilah menyebabkan terjadinya asap. Begitu pula dengan asap dari pabrik. Asap ini dapat membahayakan tubuh kita. Hal ini karena mengandung gas beracun, yaitu karbon monoksida (CO).


Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara antara lain :
·   Terganggunya kesehatan manusia, seperti batuk dan penyakit pernapasan (bronkhitis, emfisema, dan kemungkinan kanker paruparu.
·         Rusaknya bangunan karena pelapukan, korosi pada logam, dan memudarnya warna cat.
·       Terganggunya oertumbuhan tananam, seperti menguningnya daun atau kerdilnya tanaman akibat konsentrasi SO2 yang tinggi atau gas yang bersifat asam.

B. Pencemaran Air

Pencemaran Air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya kedalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan warna. Selain menghasilkan asap, pabrik juga menghasilkan limbah. Limbah mengandung zat-zat kimia berbahaya. Jika limbah pabrik dibuang ke sungai dapat menyebabkan pencemaran air. Limbah rumah tangga juga penyebab pencemaran air. Misalnya, air bekas cucian dan air limbah dari WC. Ciri-ciri air yang tercemar antara lain, berbau, dan berwarna. Sebaliknya, air yang bersih tampak jernih (tidak berwarna). Air bersih juga tidak berbau dan tidak berasa


Akibat yang dtimbulkan oleh pencemaran air antara lain :
1.      Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen.
2.       Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air (eutrofikasi, dan
Pendangkalan Dasar perairan).
3.      Punahnya biota air, misalnya ikan, yuyu, udang, dan serangga air.
4.      Munculnya banjir akibat got tersumbat sampah.
5.      Menjalarnya wabah muntaber.

C.   Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah banyak diakibatkan oleh sampah-sampah rumah tangga, pasar, industri, kegiatan pertanian, dan peternakan. Plastik adalah bahan yang tidak dapat membusuk. Plastik juga tidak dapat terurai. Sampah plastik menyebabkan terjadinya pencemaran tanah. Sampah yang tertimbun berserakan membuat lingkungan kotor. Selain sampah, racun serangga juga dapat mencemari tanah. Sampah dapat menyuburkan tanah. Daun dan kotoran hewan dapat dijadikan pupuk. Caranya dengan menimbun sampah tersebut dengan tanah. Daun dan kotoran hewan mudah membusuk. Tumbuhan yang membusuk dapat dibuat pupuk kompos. Hewan yang membusuk atau kotoran hewan dapat dibuat pupuk kandang. Pupuk dapat membuat tanaman tumbuh subur.


Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah antara lain :
·         Terganggunya kehidupan organisme (terutama mikroorganisme dalam tanah).
·          Berubahnya sifat kimia atau sifat fisika tanah sehingga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman, dan
·         Mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi.

Dampak Pencemaran Lingkungan :
1.      Punahnya Spesies.
2.      Peledakan Hama.
3.      Gangguan Keseimbangan Lingkungan
4.      Kesuburan Tanah Berkurang
5.      Keracunan dan Penyakit
6.      Pemekatan Hayati
7.      Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca

Usaha-usaha Mencegah Pencemaran Lingkungan
1.      Meenempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk.
2.      Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem.
3.      Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
4.      Memperluas gerakan penghijauan.
5.      Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
6.      Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar