Selasa, 09 September 2014

Tugas Seni Rupa | Seni Rupa Murni, Terapan, 2 Dimensi & 3 Dimensi


Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni adalah hasil karya seni rupa yang dalam penciptaannya hanya mengutamakan keindahan atau art for art atau fine art yaitu seni untuk seni.
Contoh: Lukisan, Poster, Kaligrafi, Fotografi, Patung, dll


Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional,yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) manusia yang tidak hanya bisa di pandang keindahannya, namun juga dapat di pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Contoh benda seni terapan antara lain benda-benda gerabah dari tanah liat, benda-benda anyaman, kerajinan keramik, peralatan rumah tangga, kerajinan furniture.
 

Seni Rupa Tiga Dimensi
 
Seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang memerlukan ruang, karena mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tebal. Karena seni rupa tiga dimensi tidak mempunyai bidang datar dan tidak datar, sehingga penempatannya berdiri lepas artinya tidak tergantung pada dinding sebagai dasarnya, sebagai contohnya patung, seni bangunan, (arsitektur).




Seni Rupa Dua Dimensi   

Seni rupa Dua dimensi Adalah karya seni rupa yang dapat dilihat dari segi panjang lebar dan keindahannya, contohnya yaitu seperti lukisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar