Selasa, 19 November 2013

Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami






Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang secara Alami dan Tradisional. Sebagian besar orang di dunia ini dalam berbagai golongan  usia pernah merasakan sakit gigi. Sakit gigi dapat merubah emosional yang sedang mengalaminya. Ini disebabkan karena rasa nyeri, nyilu, sakit yang tidak bisa di ungkapkan sehingga sang penderita cenderung lebih suka marah. Sakit gigi juga dapat menyebabkan  penyakit lain yang cukup membahayakan kesehatan, seperti  penyakit jantung, angina dan stoke.  Hal ini di karenakan  tercampurnya bahan makanan dan bakteri yang berlebih  yang masuk kedalam tubuh.
 
Sakit gigi bukan disebabkan oleh adanya sisa makanan yang tersangkut di sela-sela  gigi dan gusi yang membusuk sehingga terbentuknya asam. Asam  inilah yang menyebabkan lubang pada gigi. Lama kelamaan lubang akan membesar karena sisa makanan semakin mudah tersanggut. Oleh sebab itu sangat di anjurkan sekali menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan pagi dengan menggunakan pasta gigi.

Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi secara tradisional yang bisa di gunakan saat sakit gigi yang berada di sekitar kita:



1.      Garam
Tentunya bahan ini sudah tidak asing lagi bagi anda semua karena bahan ini dapat dengan mudah anda temukan di dapur. Garam merupakan salah satu bumbu wajib yang digunakan dalam memasak, memiliki rasa yang khas yaitu sangat asin. Anda dapat menggunakan garam dalam cara mengobati sakit gigi yaitu dengan melarutkan garam dalam segelas air putih kemudian anda gunakan untuk berkumur-kumur. Untuk larutan garam ini sebaiknya jangan anda telan, gunakan hanya sebatas pencuci mulut saja.

2.      Belimbing wuluh
Pada dasarnya penyebab sakit gigi adalah karena terjadi infeksi yang disebabkan oleh perkembangan bakteri di dalam gigi dan oleh karena itu, anda dapat mengambil manfaat belimbing wuluh karena dalam belimbing wuluh sendiri mengandung zat antibakteri. Anda dapat melakukan cara mengobati sakit gigi ini dengan mengunyah belimbing wuluh dengan sedikit garam, gunakan gigi yang sakit untuk mengunyah. Memang awalnya akan muncul rasa sakit yang luar biasa, tetapi setelah itu rasa ngilu akan perlahan hilang.

3.      Bawang merah
Salah satu bumbu dapur ini juga dapat membantu meringankan sakit gigi anda. Selain itu, bawang merah pun ikut andil dalam membasmi kuman yang tumbuh dimulut anda. Anda dapat mengambil manfaat bawang merah ini dengan mengunyah bawang merah menggunakan gigi anda yang sakit.

4.      Bawang putih
Selain dengan bawang merah, bawang putih ternyata dapat anda manfaatkan dalam cara mengobati sakit gigi. Caranya pun hampir sama yaitu dengan mengunyah bawang putih menggunakan gigi anda yang sakit dan perlu anda ketahui, bawang putih pun mampu meningkatkan kekuatan gigi anda lho.

5.      Merica
Rempah-rempah di percaya banyak mengandung khasiat dalam pengobatan tradisional, salah satunya merica. Merica dapat digunakan sebagai penawar rasa sakit gigi. Cara yang digunakan adalah dengan mencampurkan merica dengan sedikit garam, lalu tetesi dengan air hingga melumat seperti pasta. Tempelkan pasta merica pada gigi yang sakit, diamkan beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal gunakan cara ini setiap hari selama gigi masih berasa sakit.

6.      Es Batu
Es batu dapat membekukan saraf-saraf gigi  yang sedang berkontraksi dengan bakteri yang berada di dalam lubang gigi. Cara penggunaanya, ambil pecahan batu es dan letakkan di dalam lubang gigi. Lakukan selama 5 menit sebanyak 2 kali sehari.

7.      Akar Kangkung
Saat ibu kita sedang memasak sayur kangkung, akar kangkung kerap kali hanya di buang begitu saja. Ternyata akar kangkung juga dapat menyembuhkan sakit gigi yaitu dengan cara merebus segegenggam akar kangkung dengan segelas air dan tambahkan ½ sendok cuka.  Lalu gunakan air rebusan untuk berkumur.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar